Kamis, 01 September 2011

Upgrade Samsung galaxy mini to Gingerbread.



Samsung Galaxy Mini adalah ponsel pintar yang ber-operating system Android. Stock version (versi bawaan) dari Galaxy Mini adalah Android Froyo 2.2. Kebanyakan pengguna galaxy mini  tidak menyadari kalau sebenarnya mereka bisa menginstall os yang lebih bagus daripada froyo. Jadi, walaupun dia tau dan mungkin bosan dengan berbagai kelemahan froyo, seperti lambat, beberapa kali error, dsb, dia hanya bisa mengeluh.
Untuk itu kita perlu  ”meng-upgrade” operating system android samsung galaxy mini ke system operasi yang lebih tinggi, yaitu Ginggerbread 2.3. Setelah mengupgrade dari android froyo ke ginggerbread, diharapkan nantinya performa atau kinerja dari si galaxy mini menjadi lebih cepat dan stabil.  Desain/tampilan dari hp samsung galaxy ini kitapun menjadi lebih elegan. Atau mungkin kita mengupgrade android galaxy mini hanya untuk sekedar mencari pengalaman baru? Bisa saja!

Cara Upgrade dari Froyo ke Ginggerbread

Peralatan yang diperlukan:
  •  hp galaxy mini alias samsung gt-s5570
  •  komputer / laptop
  •  kabel data (boleh pakai kabel data nokia atau merk lain, yang penting bisa nyambung dengan dengan galaxy mini
Bagi pengguna hp samsung, termasuk Samsung Galaxy Mini, untuk mengupgrade dari Android Froyo ke Ginggerbread ada dua cara. Cara pertama yaitu melalui Kies (aplikasi resmi samsung untuk menyingkronkan komputer dengan hp samsung). Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini gratis di dalam CD yang kamu dapatkan saat membeli hp samsung.
Namun pada umumnya aplikasi Kies yang terdapat di dalam CD adalah Kies versi lama, yang tidak bisa kita gunakan untuk mengupgrade android si Galaxy Mini. Untuk itu kita perlu mendownload Kies versi terbaru di website resmi samsung. Setelah download, installsamsung kies di komputer/laptop dan sambungkan hp galaxy mini ke komputer/laptop melalui kabel data. Maka secara otomatis samsung kies akan memberikan notifikasi dan petunjuk tentang upgrade android ke versi yang terbaru.
Cara upgrade android samsung galaxy mini dengan menggunakan samsung kies ini membutuhkan koneksi internet. Jadi jika laptop/komputer kamu ga terhubung dengan internet, bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan Odin multi downloader.
website resmi nya samsung..: http://www.samsung.com/id/


Upgrade Android via ODIN Multi Downloader

Cara lain upgrade android samsung galaxy mini selain melalui samsung kies adalah dengan menggunakan software yang bernama Odin Multi Downloader. Jika kamu ingin mengupgrade galaxy mini dengan samsung kies membutuhkan koneksi internet, maka dengan odin kita tidak harus terhubung dengan internet. Hanya saja, kita perlu mendownload secara manual beberapa perlengkapan upgrade. Yaitu:
  1. Samsung Firmware. Dalam contoh ini kita pake firmware ginggerbread 2.3.4.   yang bisa juga di download di sini. http://hotfile.com/dl/125835351/81792ef/S5570XXKPK_S5570XXKPK_S5570SERKPK.rar.html
    1. OPS File (TASS_v1.0.ops) http://hotfile.com/dl/112245631/62ba9aa/TASS_v1.0.ops.html
    2. Odin Mutli Downloader yang juga bisa di wonload disni..http://www.multiupload.com/MUBOZPEOS3
    Ok. Jika semua perlengkapan sudah di download, saatnya beraksi. Siapkan mental! 
1. Buka Odin Multi Downloader
2. Pada Select OPS, klik tombol OPS dan pilih file OPSnya (TASS_v1.0.ops)
upgrade android galaxy mini ginggerbread
3. Klik centang One Package.
upgrade android galaxy mini ginggerbread
3. Add File Firmware samsung galaxy mini yang sudah di download dari samfirmware.com. Dalam contoh ini saya memakai firmware Ginggerbread 2.3.4(S5570XXKPK_S5570XXKPK_S5570SERKPK_HOME.tar). Sebelumnya di extrak dulu, lalu di compress lagi dengan software compressor, extensi file harus *.tar.
upgrade android galaxy mini ginggerbread
4. Matikan si galaxy mini. Ga perlu dijelasin caranya gimana kan?! -_-
5. Reboot galaxy mini ke Download Mode. Caranya: Tekan tombol PowerVolume Down, dan OK secara bersamaan; selama beberapa detik hingga muncul gambar robot android yang sedang mencangkul (Download Mode). Lihat gambar:
upgrade android galaxy mini ginggerbread6. Sambungkan galaxy mini ke komputer dengan menggunakan kabel data, hingga galaxy mini terdeteksi di Odin Multi Downloader (muncul di COM Port Mapping). Berikut ini contoh gambar sebagai tanda bahwa si galaxy mini sudah tersambung dan terdeteksi Odin :
upgrade galaxy mini android ginggerbread7. Klik Tombol Start. Tunggu hingga proses flashing/upgrade selesai. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 menit.
Tanda  bahwa proses flashing sudah selesai adalah: galaxy mini sudah booting sementara di odin muncul tulisan PASS.
upgrade android galaxy mini ginggerbread
Kalo prosesnya tertahan (stagnant) di tengah jalan, silakan close odin, cabut batre galaxy mini, lalu ulangi proses flashing.
Jika tidak error Alhamdulillah, artinya proses upgrade sudah selesai. Silakan nikmati android ginggerbread kamu di galaxy mini :) .
Rekomendasi setelah proses upgrade selesai adalah bersihkan sisa-sisa data os sebelumnya. Caranya: masuk ke Recovery mode dengan menekan tombol power danhome secara bersamaan selama beberapa detik. di dalam recovery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol home untuk OK. pilih wipe data dan wipe cache secara bergantian. Kemudian reboot. Gambar:
samsung galaxy recovery mode
Setelah upgrade ini, kamu sudah bisa menginstall custom rom (firmware modifikasi tidak resmi) android yang banyak bertebaran di internet, salah satunya adalah Cyanogen Mod.
Jom Upgrade Galaxy Mini ke CyanogenMod 7
Sekiranya anda ingin merasakan kelainan CM7, saya amat sarankan sebab GM saya sekarang pun dah install. Memang terbaik la! Laju! Superb! Kelainan CM7 anda boleh rasai dengan upgrade ke Custom Rom seperti langkah dibawah
1. Muaturun file berikut
http://www.4shared.com/file/2-Rx17g0/CODE_S5570XXKPF_recoverytar.html
2. Kemudian pindahkan CyanogenMod-7.1.0-RC0-S5570-063011.zip ke root SDCard anda.(tanpa folder)
3. Setelah siap pindah, Reboot Galaxy Mini dan tekan button Volume Down key + Middle Key + Power key dan tunggu sehingga download mode muncul, connect phone ke komputer
4. Buka applikasi ODIN dan isi seperti dibawah

5. Klik START dan tunggu Galaxy Mini reboot
6. Jika sudah selesai proses reboot, reboot semula phone ke Recovery Mode ( tekan Middle Key + Power key)
7. Guna navigasi volume untuk UP dan Down dan Enter tekan Middle key
8. Klik pada wipe data/factory reset dan tekan Middle key untuk Enter + Klik pada wipe cache partition dan tekan Enter.
9. Kalau dah selesai, klik pada apply sdcard:update.zip dan pilih file CyanogenMod-7.1.0-RC0-S5570-063011.zip dan ENTER
10. Setelah proses selesai klik pada reboot system now
11. Alhamdulillah, akhirnya proses upgrade Samsung Galaxy Mini anda ke CM7 telah berjaya. Rasai kehebatannya dan Selamat mencuba :D. semoga bermanfaat.. Terima kasih telah berkunjung...
Sumber:
http://syahrilhafiz.com/blog/cara-mudah-untuk-root-dan-upgrade-firmware-gingerbread-2-3-4-di-samsung-galaxy-mini.html

1 komentar: